Kamis, 21 November 2013

SIKLUS PEMBEROSESAN INFORMASI

SIKLUS PEMBEROSESAN INFORMASI
Pada saat ini salah satu sumber yang sangat di butuhkan adalah informasi dan sangat menunjang dalam kehidupan kita sehari-hari.
Sistem informasi terdiri atas beberapa komponen yaitu:
v Perangkat keras (hardware)
v Perangkat lunak (software)
v Pengguna/orang (brainware)
v Prosedur
v Basis data(database)
v Jaringan komputer
v Dan komunikasi data

1. Membedakan Informasi dan Data
Dalam memahami system informasi, kita harus membedaka data informasi. Data merupakan deskripsi tentang bend,kejadian, aktivitas,dan transaksiyang tidak mempunyai makna atau tidak berpengaruh secar langsung kepada pemakai. Data dalam hal ini bisa di katakan dengan bentukyang masi mentah. Data berupa nilai yang terformat,teks,citra,audio, dan vedio. Data sering kali disebut sebagai bahan menta informasi. Melalui suatu proses transformasi, data dibuat menjadi bermakna.
Informasi didefinisikan sebagai hasil dari pegolahan data dalam suatu bentuk yang lebiih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang mengambarkan suatu kejadian yang  nyata dan digunakan untuk pengambialn keputusan.
Jadi perbedaan anta informasi dan data, informasi merupakan hasil keluaran atau output dari siklus pemberosesan data, sedangkan data adalah adalah sumbermasukan  atau input yang masih bentuk mentah dalam siklus  untuk memperoleh informasi.
2.   Siklus Proses Informasi
Telah disebutkan  bahwa untuk menghasilkan  suatu informasi diperlukan suatu model pegolahan data. Misalya pegolahan data pegolahan data penjumlahan perbulan pada suatu perusahaan seperti dibawah ini:

 
Gambar: siklus arus nfoemasi pada sistem informasi pribadi
 
175 jt                    perhitungan                   rata-rata pemjumlahan
350 jt          rata-rata penjumlahan   sebesar
225 jt                                                          Rp 25 jt
Gambar : Transpformasi data menjadi informasi

Informasi sebagai hasil dari proses transformasi data yang diterima oleh pimpinan perusahaan dalam pengambilan keputusan. Burch dan grunitski memperlihatkan siklus informasi yang mengambarkan pengolahan data menjadi informasi dan pamakai informasi untuk pengambilan keputusan, sehinga akhirnya dari tindakan hasil pengabilan keputusan tersebut dihasilkan data kembali seperti digambarkan di bawah ini:





 

Gambar: siklus informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar